Monday, November 24, 2014

Perbaikan Sistem, Pemesanan Tiket Kereta Api Ditutup Malam Ini


Sore ini, 24 November 2014, melalui akun Twitter @KAI121, diumumkan bahwa pemesanan tiket kereta api untuk sementara tidak dapat dilakukan. Pemberitahuan tersebut dikuatkan dengan pengumuman yang terpampang di situs resmi pemesanan tiket KAI (http://tiket.kereta-api.co.id/), yang terdapat dalam screenshot berikut ini:

Pengumuman perbaikan RTS, mulai Senin (24/11) jam 22:00 sampai Selasa (25/11) jam 03:00


Dalam pengumuman tersebut, disebutkan bahwa alasan penutupan pemesanan tiket untuk sementara tersebut bertujuan untuk peningkatan layanan pemesanan tiket PT KAI. Penutupan tersebut juga berlaku untuk situs-situs dan aplikasi-aplikasi smartphone channel eksternal yang menjadi mitra resmi pemesananan tiket PT KAI. Perbaikan/penyempurnaan sistem tersebut diduga kuat ada kaitannya dengan musim liburan Natal dan Tahun Baru yang akan jatuh tepat satu bulan lagi. PT KAI diperkirakan sedang mempersiapkan sistem pemesanan tiket (Rail Ticketing System) untuk menghadapi lonjakan calon penumpang yang akan bepergian menggunakan jasa angkutan kereta api.

Bagi para penumpang yang telah melakukan pemesanan sebelum pukul 17:00 sore tadi, diharapkan telah membayar pemesanannya sebelum perbaikan sistem, yang rencananya akan dimulai pada pukul 22:00 malam ini. Namun demikian, penutupan pemesanan tiket ini tidak mempengaruhi para penumpang yang berencana bepergian pada malam ini dan baru akan membeli tiket di stasiun pemberangkatan (go show).

Masih berhubungan dengan penjualan tiket kereta api, dalam artikel berjudul Tiket Kereta Api untuk Pekan Natal Sudah Ludes Terjual, Kompas melaporkan bahwa tiket kereta api untuk keberangkatan dari Semarang menuju sejumlah tujuan pada musim liburan Natal/Tahun Baru 2014/2015 rata-rata sudah mencapai angka 70-75 persen dari kapasitas maksimum, bahkan untuk perjalanan Kereta Api Tawang Jaya relasi Semarang Poncol-Pasar Senen, tiket sudah habis untuk keberangkatan tanggal 24 sampai 31 Desember 2014.

Sejauh ini, belum ada laporan mengenai ketersediaan tiket kereta api pada jurusan-jurusan lainnya, namun bagi para calon penumpang yang saat ini belum memesan tiket dihimbau untuk tidak khawatir, karena pada besok hari, 25 November 2014, pemesanan tiket ditargetkan sudah dibuka kembali, sehingga penumpang dapat melakukan pemesanan kembali.

Harapan seluruh calon penumpang kereta api, dengan diperbaikinya sistem pemesanan tiket, diharapkan tidak akan terjadi lagi masalah-masalah pemesanan tiket seperti yang pernah terjadi pada saat pemesanan tiket menjelang arus mudik Lebaran tahun 2014. Pada saat itu, banyak penumpang yang sangat kesulitan untuk mendapatkan tiket kereta api. Sehingga saat ini, diharapkan PT KAI benar-benar berusaha untuk memperbaiki kesalahan yang terbilang fatal tersebut dan, melalui sistem pemesanan tiket online yang telah diperbaiki, benar-benar memberikan kenyamanan dan kemudahan bagi para calon penumpang yang akan berlibur menggunakan jasa angkutan kereta api.

No comments:

Post a Comment