Setelah sekian lama blog nggak keurus karena lagi sibuk di
kampus, daripada bener-bener terlantar, gue mau sedikit share pengalaman
ketinggalan kereta. Kepikiran buat sharing inipun gara-gara kemarin
ngubek-ngubek forum terus nemu thread tentang pengalaman ketinggalan kereta,
jadi ya udah sekalian dishare disini juga...
Kalo pengalaman ketinggalan kereta sih, untungnya baru sekali,
dan itupun belum sempet dibeli tiketnya, jadi ya nggak terlalu ngerasa rugi
kecuali rugi karena batal naik kereta. Kejadiannya itu di tanggal 05 Maret
2014, waktu itu di grup railfans gue dapet info kalo rangkaian JR 205 bakal
memulai hari pertamanya melayani para komuter Jabodetabek, yaitu di rute
Bogor-Jakarta Kota. Setelah berhasil ngedapetin jadwalnya, gue langsung ke
Stasiun Bandung. Awalnya pengen naik KA 21, yang waktu itu jadwalnya masih jam
07:15 dari Bandung, tapi karena baru nyampe jam 07:50, terpaksa gue naik KA
7135, yang waktu itu berangkat jam 08:15...
Tiket KA 7135 BD-GMR, 05.03.2014 |
Otomatis, karena berangkatnya delay 1 jam, ya mau nggak mau gue cuma bisa nyegat si JR 205 pas perjalanannya balik dari Beos ke Bogor, yang menurut jadwalnya, bakal berhenti di Manggarai antara jam 11:20-11:25 (kalo nggak salah ya, soalnya catatan jadwalnya ilang). Ya udahlah, yang penting masih bisa ngedapetin momentnya. Perjalanan dari Bandung ke Jakarta berlangsung dengan normal, waktu tempuhnya ternyata bener-bener nyaris 3,5 jam sesuai jadwalnya (rekor perjalanan GoPar terlama). Sepanjang perjalanan nggak banyak foto-foto, salah satunya foto ini, di petak Sukatani-Ciganea...
Pemandangan dari KA 7135 di petak Sukatani-Ciganea |
Begitu kereta tertahan di sinyal masuk Stasiun Jatinegara,
kondekturnya masuk ke dalam Eksekutif 4, nanyain kalo ada yang mau turun di
Jatinegara. Ternyata, KA 7135 nggak berhenti, jadilah gue dan satu orang
penumpang lainnya “terpaksa” turun waktu kereta masih tertahan sinyal. Tapi ya
nggak apa-apa deh, demi JR 205 ini. Masuk stasiun, langsung naik KRL pertama ke
arah Manggarai. Di stasiun itu, pas ngeliat ke arah jalur 1, ternyata ada
rangkaian JR 205 lainnya yang lagi nongkrong, entah baru mau test run atau baru beres test run. Langsung aja gue fotoin
rangkaian yang ada di jalur 1, selagi pintu kereta gue masih dibuka...
JR 205-99F @ Stasiun Manggarai (1) |
JR 205-99F @ Stasiun Manggarai (2) |
Karena belum ada tanda-tanda kedatangan JR 205 dari arah Beos
(tanda-tandanya diumumin kalo rangkaian yang berikutnya dateng itu adalah ‘rangkaian
10 kereta’), jadinya gue masih melanjutkan perjalanan sampai Cikini. Waktu menunjukkan
pukul 11:30 begitu gue nyampe di Cikini, tapi ditungguin sampe 11:50, rangkaian
yang ditunggu-tunggu kagak muncul-muncul juga. Akhirnya, dengan terpaksa, gue
harus tinggalin Cikini dan langsung naik taksi ke Gambir, dengan harapan masih
bisa ngejer KA 7136 yang dijadwalkan berangkat jam 12:10. Tapi kondisi jalan
siang itu bener-bener nggak bersahabat, alhasil begitu gue nyampe di gerbang
masuk Stasiun Gambir, puooongs,
rangkaian KA 7136, perlahan tapi pasti, bergerak meninggalkan gue. Dengan terpaksa,
gue harus beralih menggunakan travel Cipaganti yang berangkat dari pool di Cikini Raya jam 13:00, karena kalo
harus nunggu GoPar berikutnya, gue nggak bakal sempet nyampe Bandung sebelum
jam 4 sore...
Tiket travel Cipaganti Jakarta (Cikini)-Bandung (BTC), 05.03.2014 |
Itu cerita satu-satunya gue ketinggalan kereta, pengalaman
pertama dan (semoga) terakhir kalinya ketinggalan kereta. Tapi, selain itu, gue
juga sempet hampir dan nyaris ketinggalan kereta. Singkat aja deh ceritanya. Cerita
pertama kejadiannya tanggal 26 September 2013, waktu itu PT KAI lagi berbaik
hati nyebarin tiket promo 20-100 ribu rupiah, dan juga bertepatan dengan
pameran IIMS 2013. Waktu itu, langsung gue ajak seorang temen kampus gue buat
ke Jakarta. Buat ke Jakartanya, kami berhasil mendapatkan tiket promo, dan
rencananya, pulangnya bakal naik travel Day Trans langsung dari JIExpo menuju
Bandung. Oh ya, ini buktinya kalo gue berhasil dapet tiket promo...
Tiket promo KA 21 BD-GMR, 26.09.2013 |
Begitu sampe di Jakarta, sesuai perjanjian waktu gue masih di
kereta, seorang temen railfan udah
nungguin gue di Stasiun Jatinegara. Dari sana, rencananya kami akan langsung
menuju Stasiun Sudirman, tapi memutar lewat Kampung Bandan dengan naik Commuter
Line rute Jatinegara-Bogor. Tapi, begitu kereta berhenti di Stasiun Pasar
Senen, gue malah minta temen-temen gue buat turun dulu, sekalian cari makan
siang di sekitaran stasiun. Transit selama sekitar 30 menit, kami kembali naik
KRL menuju Sudirman. Kalo dipikir, kurang kerjaan juga sih, di saat bisa naik
Transjakarta langsung ke daerah Sudirman, gue malah ngajak naik KRL yang ngacir
ke arah utara dulu. Tapi kan, kapan lagi ada kesempatan muterin Jakarta naik
KRL, hehehe. Oh ya, sambil nungguin kereta, gue nggak lupa buat minta difotoin
di samping papan nama Stasiun Senen...
Gue di Stasiun Pasar Senen, hehehe... |
Begitu sampe di Sudirman, ternyata tinggal tersisa 10 menit
waktu sebelum shuttle bus berangkat
dari Senayan City. Karena pastinya nggak bakalan sempet ngejer ke sana,
akhirnya kami memutuskan naik Transjakarta dan turun di Pasar Baru, halte
terdekat dari JIExpo, yang mana halte itu letaknya nggak terlalu jauh dari
Pasar Senen. Tuh kan, bener-bener nggak jelas banget, ngapain harus muter-muter
naik KRL dari Senen ke Sudirman via Kampung Bandan-Duri-Tanah Abang dan
ujung-ujungnya dari Sudirman balik ke Pasar Baru, di saat sebenernya bisa naik
Transjakarta langsung dari Senen ke Pasar Baru (dengan transit, pastinya)...
Dari Pasar Baru, kami langsung naik taksi menuju JIExpo. Begitu
sampe di lokasi pameran dan dateng ke tempat penjualan tiket travel, kami
sempat kaget begitu tahu tiket travel langsung dari Kemayoran dibanderol (kalo
nggak salah) Rp. 120 ribu, lebih mahal daripada kalo naik GoPar atau travel
lainnya. Akhirnya, kami memutuskan buat naik KA 28 yang berangkat dari Gambir
(waktu itu) jam 18:05. Dua jam sebelum keberangkatan KA 28, kami sudah naik shuttle bus keberangkatan jam 4 sore. Tapi,
di perjalanan, kami sempat tertahan kemacetan Jakarta yang membuat kami
deg-degan, dan sempat hampir menyesal, kenapa nggak naik travel yang tiketnya
lebih mahal, tapi pasti kebagian kursi dan nggak bakal ditinggalin karena
kehalang macet. Belum lagi, begitu nyambung dengan Transjakarta, busnya ketahan
macet di Senen. Makin deg-degan aja. Begitu nyampe di Gambir dan lagi beli
tiket KA 28, petugas loketnya sempet ragu kalo kami masih bisa naik KA 28, tapi
gue waktu itu merasa yakin bisa ngejer keretanya, toh masih ada waktu 5 menit. Begitu
duduk di kursi kereta, saat itu juga keretanya mulai bergerak menuju Bandung. Hampir
saja ditinggal kereta...
Tiket reguler KA 28 GMR-BD, 26.09.2013 |
Cerita yang lainnya lebih parah dari kejadian tahun 2013, dan
baru terjadi kurang dari 2 minggu yang lalu, tepatnya tanggal 10 November 2014.
Hari itu, gue dan teman-teman sekelas gue mengikuti study tour mengunjungi Kementerian Luar Negeri RI. Dari sebelum
berangkat ke Jakarta, gue udah rencanain buat berpisah dari rombongan setelah
semua rangkaian acara selesai, dan pulang ke Bandung menggunakan KA 30. Semua rencana
berjalan dengan lancar: seluruh kegiatan study
tour selesai jam 17:15, dan semua peserta yang akan berpisah dari rombongan
utama di Jakarta diminta melapor ke panitia. Setelah selesai melapor, gue
langsung keluar dari dalam area Kemlu dan menunggu bus di halte yang berada di
Jalan Abdul Rahman Saleh. Dari jam 17:20-17:45, hanya ada tiga bus yang datang.
Bus pertama, langsung diisi sejumlah penumpang yang udah duluan stand-by di halte. Bus kedua, belum juga
pintu terbuka penuh, petugasnya langsung menolak penumpang untuk naik karena
busnya udah penuh sesak. Baru di bus ketiga, gue akhirnya bisa diangkut menuju
Gambir, yang hanya berjarak satu pemberhentian.
Begitu tiba di Gambir, gue langsung berlari secepat mungkin
menuju loket di sisi selatan stasiun. Namun, begitu tiba di loket, gue masih
harus menunggu giliran. Dari tiga loket yang dibuka, antrian terpendek diisi
oleh 4 orang. Beruntung, dua orang langsung meninggalkan loket begitu mereka
tahu mereka harus pindah ke sisi utara stasiun untuk melakukan pemesanan tiket.
Waktu masih menunggu orang di depan gue melakukan transaksi, PAP udah mulai
ngumumin kalo KA 30 bakal diberangkatkan dalam waktu 5 menit. Menurut jam di
tiket, tinggal tersisa waktu 1 menit buat gue melewati boarding counter dan berlari naik tangga menuju peron yang berada
dua lantai di atas tempat gue saat itu. Tapi, bukannya diperbolehkan langsung
masuk, gue masih juga ditahan oleh petugas boarding,
tapi ya namanya kewajiban memeriksa tiket, terpaksa gue harus mengikuti
peraturan yang ada. Sambil berlari naik, PAP udah keburu ngucapin “kalimat
sakti” berikut:
“KPKA 30, semboyan 40 telah diberikan, silakan berikan
semboyan 41.”
Waduh, dalam pikiran gue, itu berarti semua pintu kereta sudah
ditutup rapat dan hanya menyisakan pintu kereta makan, di mana kondektur akan
naik setelah memberikan semboyan 41. Gue langsung berpikir untuk menyelinap
masuk ke dalam kereta lewat pintu tersebut. Namun, begitu sampe di peron,
rangkaian kereta sudah mulai berjalan perlahan dan pintu kereta makan hanya
terbuka sedikit. Gue beruntung banget masih terlihat oleh kondektur yang saat
itu baru masuk lewat pintu Eksekutif 2. Beliau langsung menyuruh gue naik lewat
satu-satunya pintu yang terbuka lebar itu. Kali ini, gue bener-bener merasa
beruntung. Udah ngeluarin duit 110 ribu, keretanya udah mulai bergerak pula,
tapi untungnya gue masih bisa naik. Kali ini, bukan lagi hampir ketinggalan
kereta, tapi nyaris ketinggalan kereta...
Tiket KA 30 GMR-BD, 10.11.2014 (baru dibeli persis 1 menit sebelum kereta berangkat -_-) |
Inilah sederet pengalaman “menegangkan” gue, mulai dari hampir
ketinggalan kereta, nyaris ketinggalan kereta, sampe bener-bener ketinggalan
kereta. Kesimpulannya, mending kalo tiket belum dibeli, dan udah mepet sama
waktu keberangkatan kereta, nggak usah maksain ke stasiun lagi, apalagi beli
tiket kereta 1 menit sebelum jadwal keberangkatannya. Kalopun udah dibeli
tiketnya berhari-hari sebelum keberangkatan, jangan pernah ngulur-ngulur waktu
buat dateng ke stasiun, daripada begitu nyampe gerbang stasiun cuma bisa
ngeliat keretanya baru aja berangkat...
No comments:
Post a Comment