Sore ini, 24 November 2014, melalui akun Twitter @KAI121,
diumumkan bahwa pemesanan tiket kereta api untuk sementara tidak dapat
dilakukan. Pemberitahuan tersebut dikuatkan dengan pengumuman yang terpampang
di situs resmi pemesanan tiket KAI (http://tiket.kereta-api.co.id/),
yang terdapat dalam screenshot berikut ini:
Pengumuman perbaikan RTS, mulai Senin (24/11) jam 22:00 sampai Selasa (25/11) jam 03:00 |
Dalam pengumuman tersebut, disebutkan bahwa alasan penutupan
pemesanan tiket untuk sementara tersebut bertujuan untuk peningkatan layanan
pemesanan tiket PT KAI. Penutupan tersebut juga berlaku untuk situs-situs dan
aplikasi-aplikasi smartphone channel
eksternal yang menjadi mitra resmi pemesananan tiket PT KAI. Perbaikan/penyempurnaan
sistem tersebut diduga kuat ada kaitannya dengan musim liburan Natal dan Tahun
Baru yang akan jatuh tepat satu bulan lagi. PT KAI diperkirakan sedang
mempersiapkan sistem pemesanan tiket (Rail
Ticketing System) untuk menghadapi lonjakan calon penumpang yang akan
bepergian menggunakan jasa angkutan kereta api.
Bagi para penumpang yang telah melakukan pemesanan sebelum
pukul 17:00 sore tadi, diharapkan telah membayar pemesanannya sebelum perbaikan
sistem, yang rencananya akan dimulai pada pukul 22:00 malam ini. Namun demikian,
penutupan pemesanan tiket ini tidak mempengaruhi para penumpang yang berencana
bepergian pada malam ini dan baru akan membeli tiket di stasiun pemberangkatan
(go show).
Masih berhubungan dengan penjualan tiket kereta api, dalam artikel
berjudul Tiket Kereta Api untuk Pekan Natal Sudah Ludes Terjual, Kompas
melaporkan bahwa tiket kereta api untuk keberangkatan dari Semarang menuju
sejumlah tujuan pada musim liburan Natal/Tahun Baru 2014/2015 rata-rata sudah
mencapai angka 70-75 persen dari kapasitas maksimum, bahkan untuk perjalanan
Kereta Api Tawang Jaya relasi Semarang Poncol-Pasar Senen, tiket sudah habis
untuk keberangkatan tanggal 24 sampai 31 Desember 2014.
Sejauh ini, belum ada laporan mengenai ketersediaan tiket
kereta api pada jurusan-jurusan lainnya, namun bagi para calon penumpang yang
saat ini belum memesan tiket dihimbau untuk tidak khawatir, karena pada besok
hari, 25 November 2014, pemesanan tiket ditargetkan sudah dibuka kembali, sehingga
penumpang dapat melakukan pemesanan kembali.
Harapan seluruh calon penumpang kereta api, dengan
diperbaikinya sistem pemesanan tiket, diharapkan tidak akan terjadi lagi
masalah-masalah pemesanan tiket seperti yang pernah terjadi pada saat pemesanan
tiket menjelang arus mudik Lebaran tahun 2014. Pada saat itu, banyak penumpang
yang sangat kesulitan untuk mendapatkan tiket kereta api. Sehingga saat ini,
diharapkan PT KAI benar-benar berusaha untuk memperbaiki kesalahan yang
terbilang fatal tersebut dan, melalui sistem pemesanan tiket online yang telah
diperbaiki, benar-benar memberikan kenyamanan dan kemudahan bagi para calon
penumpang yang akan berlibur menggunakan jasa angkutan kereta api.
No comments:
Post a Comment