Program “frequent
flyer” tentu sudah tidak asing lagi bagi para pengguna setia jasa angkutan
udara di seluruh belahan bumi, termasuk di Indonesia. Namun, tidak demikian
halnya dengan pengguna setia jasa angkutan kereta api di Indonesia.
Senin, 24
Februari 2014, bertempat di lobby utama Stasiun Gambir, pihak PT Kereta Api
Indonesia (Persero) meluncurkan sebuah program “frequent flyer” untuk para
pengguna setia kereta api, yang diberi nama “Kado Si Loko”. Setelah peluncuran
program tersebut, saya perhatikan di jejaring sosial, khususnya akun resmi
Twitter @KAI121, dibanjiri pertanyaan soal cara pendaftaran dan mekanisme
program “Kado Si Loko”. Saya sendiri juga termasuk yang masih kebingungan soal
pelaksanaan program ini, tapi dari apa yang saya perhatikan dari linimasa akun
@KAI121, berikut kurang lebih mekanisme dari program “Kado Si Loko”.
Untuk menjadi
anggota “Kado Si Loko”, penumpang harus mendaftarkan diri di bagian customer
service di stasiun besar yang ada di kota masing-masing, atau bisa melalui
telepon ke bagian customer service pusat KAI di nomor 121 atau 021-121 (via
mobile phone). Pendaftaran tidak dikenakan biaya alias gratis, tanpa adanya
persyaratan harus sudah melakukan perjalanan kereta api sejauh sekian kilometer.
Cukup dengan mencantumkan identitas asli berikut nomor handphone, Anda sudah
terdaftar menjadi anggota program “Kado Si Loko”.
Lalu bagaimana
cara memanfaatkan program ini?
Saat melakukan
pemesanan tiket, baik secara langsung di loket stasiun online maupun melalui
situs web resmi KAI ataupun agen resmi lainnya, setiap anggota cukup
menyebutkan/mencantumkan nomor handphone yang disertakan saat pendaftaran. Otomatis,
poin akan bertambah setiap kali terjadi transaksi, dan jumlah poin terbaru akan
tercantum pada tiket.
Anggota akan
mendapatkan 1 (satu) poin setiap transaksi kelipatan Rp. 10.000,-, tetapi saat
akan ditukarkan, setiap 1 (satu) poin bernilai Rp. 500,-. Poin yang terkumpul
ini nantinya dapat digunakan sebagai potongan harga pembelian tiket kereta api
ataupun sebagai voucher makan di dalam kereta api.
Perlu diingat
bahwa poin yang dikumpulkan hanya memiliki masa berlaku selama 1 (satu) tahun
sejak transaksi poin yang terakhir. Untuk mengecek poin yang anggota miliki,
dapat dilihat pada tiket yang terkumpul, atau juga bisa menghubungi bagian
customer service di stasiun atau via telepon (121 atau 021-121).
Selain menjadi
sarana untuk mendapatkan potongan harga tiket dan makanan, kedepannya anggota “Kado
Si Loko” juga dapat memperoleh berita terbaru soal tarif promosi dan juga
merchant-merchant yang bekerja sama untuk penukaran poin.
Oh iya, satu
tambahan lagi. Bagi para pengguna kereta api yang sebelumnya telah mendaftar
sebagai pemilik Rail Card, secara otomatis terdaftar juga sebagai anggota “Kado
Si Loko”, dengan menggunakan nomor handphone yang dilampirkan saat pendaftaran
Rail Card.
Sekian informasi
yang berhasil saya himpun, semoga bermanfaat. Selamat menikmati program “Kado
Si Loko”!
No comments:
Post a Comment