Sunday, September 01, 2013

KA Pasundan Anjlok, Perjalanan Kereta Api Bandung-Tasikmalaya Dialihkan

Minggu, 01 September 2013, Kereta Api Pasundan relasi Kiaracondong-Surabaya Gubeng anjlok sebanyak 2 as di petak jalur antara Stasiun Lebakjero dengan Stasiun Leles, Garut, Jawa Barat. Akibat kejadian pagi tadi, sedikitnya sekitar 5 perjalanan kereta api lintas Bandung-Tasikmalaya-Kroya dan sebaliknya terpaksa dialihkan melalui jalur Cirebon-Purwokerto.

Anjlokan terjadi sekitar pukul 06:45 WIB pagi tadi, ketika KA 122 Pasundan (lok CC 201 02) melaju dari Kiaracondong menuju tujuan akhir, Surabaya Gubeng. Ketika kereta melewati titik di kilometer 199+0/1, kereta ketiga di belakang lokomotif (nomor seri K3 0 62 01) anjlok di kedua asnya. Posisi anjlokan yang berada diantara petak jalur yang diapit Stasiun Lebakjero (dari arah Kiaracondong) dan Stasiun Leles mengakibatkan jalur kereta api lintas Bandung-Tasikmalaya terputus. Karena itu, sedikitnya enam perjalanan kereta api terpaksa dialihkan melalui Cikampek, lalu terus melalui Cirebon dan Purwokerto hingga kembali masuk rute normal di Stasiun Kroya. Keenam perjalanan kereta api yang telah dipastikan dialihkan pada saat berita ini diturunkan adalah sebagai berikut:

- KA 122 Pasundan Kiaracondong-Surabaya Gubeng (rangkaian yang tidak anjlok, ditarik mundur lalu dijalankan melalui jalur utara)
- KA 66 Lodaya Pagi Bandung-Solo Balapan
- KA 6 Argo Wilis Bandung-Surabaya Gubeng
- KA 141 Serayu Pagi Kroya-Jakarta Kota
- KA 65 Lodaya Pagi Solo Balapan-Bandung

Sedangkan perjalanan KA 142 Serayu Pagi dari Jakarta Kota masih menunggu perkembangan proses evakuasi di lokasi kejadian.

Untuk proses evakuasi, telah dikirimkan satu unit crane Kirow beserta satu unit gerbong NR dari Dipo Kereta Bandung pada pukul 09:05 pagi tadi menuju lokasi anjlokan, dan saat ini proses evakuasi masih berlangsung. Ada kemungkinan, perjalanan Kereta Api Malabar dari Bandung tujuan Malang juga akan dialihkan, apabila sampai sore ini proses evakuasi belum selesai.

1 comment:

  1. Pray for Daop 2 Bandung..... saya ketemu lho sama KA 66 di Cimahi dan KA 6 pas naik KA 188A Patas di Ciroyom....... Mudah2an pas tgl 20 nanti ke LPN ga ada rinntangan.. amin...

    https://www.facebook.com/fauzy.hambali?ref=tn_tnmn

    ReplyDelete

Your local time is: