Wednesday, January 29, 2014

Kamandaka, Kereta Baru Penghubung Purwokerto dengan Semarang

Setelah perencanaan cukup lama dan diikuti uji coba di lapangan, akhirnya PT Kereta Api Indonesia (Persero) mengumumkan nama dari kereta api yang akan melayani rute Purwokerto-Semarang, yaitu KA Kamandaka. Bahkan, lebih lanjut, pihak PT KAI telah mengumumkan rencana peluncuran kereta api ini, yaitu pada tanggal 17 Februari 2014 yang akan datang.

Kereta Api Kamandaka adalah kereta api dengan layanan kelas Ekonomi AC, dengan kapasitas angkut sekitar 742 orang sekali jalan (formasi tujuh kereta kelas Ekonomi AC). Untuk tarif angkutan, jarak terjauh dari Purwokerto menuju Semarang maupun sebaliknya (± 250 kilometer) dikenakan tarif sebesar Rp. 60.000,-. Namun, apabila jarak yang ditempuh lebih pendek, maka penumpang akan dikenakan tarif parsial yang bervariasi, sebagai berikut:
  • Jarak tempuh 0 s/d 50 kilometer: Rp. 20.000,-
  • Jarak tempuh 51 s/d 90 kilometer: Rp. 30.000,-
  • Jarak tempuh 91 s/d 150 kilometer: Rp. 50.000,-
  • Jarak tempuh 151 s/d 250 kilometer: Rp. 60.000,-

Rencananya, rangkaian KA Kamandaka akan melakukan pemberhentian di Stasiun Purwokerto, Stasiun Bumiayu, Stasiun Slawi, Stasiun Tegal, Stasiun Pemalang, Stasiun Pekalongan, serta Stasiun Semarang Poncol atau Tawang. Belum dipastikan stasiun mana yang akan dipilih sebagai stasiun awal atau akhir di Kota Semarang. Jadwal pasti dari KA Kamandaka juga belum diberikan, namun dari sumber yang diperoleh penulis, berikut kemungkinan jadwal KA Kamandaka yang akan dioperasikan mulai tanggal 17 Februari 2014:

KA Kamandaka 1
Berangkat Purwokerto pukul 05:00
Tiba Semarang pukul 10:10

KA Kamandaka 2
Berangkat Semarang pukul 16:15
Tiba Purwokerto pukul 20:50

Untuk jadwal resminya sampai dengan saat ini masih dibahas lebih lanjut, apabila jadwal telah dipublikasikan maka penulis akan kembali memperbarui informasi. Oleh karena jadwal belum dipublikasikan, maka pemesanan tiket sampai saat ini juga belum dapat dilayani.

Pemanfaatan rangkaian KA idle

Rencana pengoperasian KA Kamandaka jurusan Purwokerto-Semarang merupakan bagian dari rencana pemanfaatan rangkaian kereta api yang berstatus idle. Selain KA Kamandaka, PT KAI berencana meluncurkan 12 perjalanan kereta baru lainnya menggunakan rangkaian KA yang berstatus idle. Kedua belas perjalanan KA tersebut adalah:

Kelas Eksekutif:
  • KA Argo Parahyangan Tambahan 2 (Bandung-Gambir PP), menggunakan rangkaian idle KA Turangga
  • KA Argo Parahyangan Tambahan 3 (Gambir-Bandung PP), menggunakan rangkaian idle KA Bangunkarta
  • KA Argo Jati Tambahan (Gambir-Cirebon PP), menggunakan rangkaian idle KA Sembrani
  • KA Eksekutif Surabaya-Malang PP, menggunakan rangkaian idle KA Bima
  • KA Eksekutif Surabaya-Jember PP, menggunakan rangkaian idle KA Turangga

Kelas Bisnis AC dan campuran Eksekutif-Bisnis-Ekonomi:
  • KA Sarangan (Surabaya-Madiun PP), menggunakan rangkaian idle KA Mutiara Selatan
  • KA Siliwangi (Sukabumi-Cianjur PP)

Kelas Ekonomi AC:
  • KA Kalijaga (Purwosari-Semarang Poncol PP), menggunakan rangkaian idle KA Bengawan
  • KA Maharani (Surabaya-Cepu PP), menggunakan rangkaian idle KA Kertajaya
  • KA Ajisaka (Lempuyangan-Kutoarjo PP), menggunakan rangkaian idle KA Progo
  • KA Kiansantang (Bandung-Cianjur PP), menggunakan rangkaian idle KA Kahuripan
  • KA Ekonomi Purwokerto-Lempuyangan PP, menggunakan rangkaian idle KA Serayu



Selain itu, dua perjalanan kereta api lokal yang sudah ada saat ini direncanakan akan mengalami perpanjangan rute. Kedua kereta api tersebut adalah KA Penataran Ekspres Surabaya-Malang PP, yang rencananya akan diperpanjang sampai Blitar, dan KA Probowangi Banyuwangi-Probolinggo PP, yang rencananya akan diperpanjang sampai Surabaya.

Baca juga:
Kereta Api Ajisaka Beroperasi Mulai 01 Februari 2014

No comments:

Post a Comment