Monday, April 28, 2014

Mulai 15 Agustus 2014, Loket Stasiun Tidak Melayani Penjualan Tiket KA Jarak Jauh


Seperti yang telah diberitakan sejak hari Minggu (27/04), terhitung mulai hari Jumat, 15 Agustus 2014, loket yang berada di seluruh stasiun kereta api di Indonesia tidak akan melayani pemesanan tiket kereta api jarak jauh, baik kereta api kelas komersil maupun kelas Ekonomi bersubsidi. Dengan kata lain, calon penumpang kereta api harus melakukan pemesanan tiket melalui apa yang dikenal sebagai channel eksternal, yaitu baik melalui agen atau mitra penjualan tiket kereta api maupun secara online melalui situs resmi PT KAI ( http://tiket-kereta.api.co.id/ ) ataupun situs dan aplikasi smartphone yang disediakan mitra penjualan tiket kereta api.

Banner pengumuman sistem penjualan tiket per 15 Agustus 2014 (source: website PT KAI)
Lantas, timbul beberapa pertanyaan. Pertama, apa kegunaan loket yang masih ada di setiap stasiun? Dan kedua, untuk golongan penumpang yang berhak atas potongan harga, harus memesan lewat mana?

Untuk pertanyaan pertama, loket stasiun masih memegang fungsi untuk menjual tiket, termasuk untuk kereta api jarak jauh. Tetapi loket-loket tersebut hanya melayani penjualan tiket kereta api jarak jauh secar go show, yang dibuka paling cepat 3 (tiga) jam sebelum jadwal keberangkatan kereta api. Sekaligus menjawab pertanyaan kedua, loket stasiun juga masih melayani pemesanan tiket kereta api jarak jauh untuk golongan penumpang yang berhak atas potongan harga.

Pemesanan tiket kereta api dengan potongan harga tersebut tetap mengikuti prosedur yang berlaku selama ini. Tiket dapat dipesan paling cepat 90 hari sebelum tanggal keberangkatan melalui loket-loket yang ada di stasiun dan terhubung dengan jaringan ticketing secara online. Ketentuan untuk masing-masing golongan tersebut adalah:

  1. Tarif reduksi untuk penumpang lanjut usia (lansia)
    Syarat: melampirkan kartu identitas, usia mulai 60 tahun atau lebih
    Besaran potongan harga: 20 persen dari tarif normal
  2. Tarif reduksi untuk penumpang anggota Legiun Veteran Republik Indonesia (LVRI)
    Syarat: melampirkan kartu anggota LVRI
    Besaran potongan harga: 30 persen dari tarif normal
  3. Tarif reduksi untuk penumpang anggota TNI/Polri
    Syarat: melampirkan kartu anggota TNI/Polri
    Besaran potongan harga: 50 persen dari tarif normal
  4. Tarif reduksi untuk pegawai PT KAI
    Syarat: melampirkan kartu pegawai dan menggunakan seragam dinas saat melakukan perjalanan
    Besaran potongan harga: 25 persen dari tarif normal


Sekian informasi yang dapat saya berikan untuk perubahan sistem pemesanan tiket KA jarak jauh mulai bulan Agustus 2014 yang akan datang, semoga bermanfaat...

2 comments:

  1. bagus artikelnya. tp syg ya interfacenya masih kurang viewer-friendly. font di titlenya juga hrsnya diganti.

    ReplyDelete
  2. trimakasih infonya...
    sangat menarik dan bermanfaat...
    mantap...

    ReplyDelete

Your local time is: