Wednesday, February 26, 2014

Kado Si Loko, Program Reward Untuk Pengguna Setia Kereta Api


Program “frequent flyer” tentu sudah tidak asing lagi bagi para pengguna setia jasa angkutan udara di seluruh belahan bumi, termasuk di Indonesia. Namun, tidak demikian halnya dengan pengguna setia jasa angkutan kereta api di Indonesia.

Senin, 24 Februari 2014, bertempat di lobby utama Stasiun Gambir, pihak PT Kereta Api Indonesia (Persero) meluncurkan sebuah program “frequent flyer” untuk para pengguna setia kereta api, yang diberi nama “Kado Si Loko”. Setelah peluncuran program tersebut, saya perhatikan di jejaring sosial, khususnya akun resmi Twitter @KAI121, dibanjiri pertanyaan soal cara pendaftaran dan mekanisme program “Kado Si Loko”. Saya sendiri juga termasuk yang masih kebingungan soal pelaksanaan program ini, tapi dari apa yang saya perhatikan dari linimasa akun @KAI121, berikut kurang lebih mekanisme dari program “Kado Si Loko”.

Untuk menjadi anggota “Kado Si Loko”, penumpang harus mendaftarkan diri di bagian customer service di stasiun besar yang ada di kota masing-masing, atau bisa melalui telepon ke bagian customer service pusat KAI di nomor 121 atau 021-121 (via mobile phone). Pendaftaran tidak dikenakan biaya alias gratis, tanpa adanya persyaratan harus sudah melakukan perjalanan kereta api sejauh sekian kilometer. Cukup dengan mencantumkan identitas asli berikut nomor handphone, Anda sudah terdaftar menjadi anggota program “Kado Si Loko”.

Lalu bagaimana cara memanfaatkan program ini?

Saat melakukan pemesanan tiket, baik secara langsung di loket stasiun online maupun melalui situs web resmi KAI ataupun agen resmi lainnya, setiap anggota cukup menyebutkan/mencantumkan nomor handphone yang disertakan saat pendaftaran. Otomatis, poin akan bertambah setiap kali terjadi transaksi, dan jumlah poin terbaru akan tercantum pada tiket.

Anggota akan mendapatkan 1 (satu) poin setiap transaksi kelipatan Rp. 10.000,-, tetapi saat akan ditukarkan, setiap 1 (satu) poin bernilai Rp. 500,-. Poin yang terkumpul ini nantinya dapat digunakan sebagai potongan harga pembelian tiket kereta api ataupun sebagai voucher makan di dalam kereta api.

Perlu diingat bahwa poin yang dikumpulkan hanya memiliki masa berlaku selama 1 (satu) tahun sejak transaksi poin yang terakhir. Untuk mengecek poin yang anggota miliki, dapat dilihat pada tiket yang terkumpul, atau juga bisa menghubungi bagian customer service di stasiun atau via telepon (121 atau 021-121).

Selain menjadi sarana untuk mendapatkan potongan harga tiket dan makanan, kedepannya anggota “Kado Si Loko” juga dapat memperoleh berita terbaru soal tarif promosi dan juga merchant-merchant yang bekerja sama untuk penukaran poin.

Oh iya, satu tambahan lagi. Bagi para pengguna kereta api yang sebelumnya telah mendaftar sebagai pemilik Rail Card, secara otomatis terdaftar juga sebagai anggota “Kado Si Loko”, dengan menggunakan nomor handphone yang dilampirkan saat pendaftaran Rail Card.

Sekian informasi yang berhasil saya himpun, semoga bermanfaat. Selamat menikmati program “Kado Si Loko”!

No comments:

Post a Comment

Your local time is: