Sunday, February 02, 2014

Kereta Api Siliwangi Mulai Beroperasi 09 Februari 2014

Jalur kereta api Sukabumi-Cianjur selama ini tidak dapat digunakan akibat runtuhnya bagian dalam dari Terowongan Lampegan, salah satu dari tiga terowongan kereta api terpanjang di Indonesia. Dalam beberapa tahun terakhir ini, PT Kereta Api Indonesia, khususnya Daerah Operasi II Bandung di wilayah mana terowongan ini berada, mulai memperkuat struktur Terowongan Lampegan, dan juga turut memperbaiki infrastruktur yang ada di sepanjang jalur kereta api Sukabumi-Cianjur.

Setelah menjalani beragam proses pemeliharaan dan uji coba, maka akhirnya dicapailah sebuah keputusan untuk kembali mengaktifkan jalur kereta api tersebut. Mulai tanggal 09 Februari 2014, PT KAI akan meluncurkan layanan kereta api baru, yang diberi nama Kereta Api Siliwangi. Nantinya, kereta api yang operasionalnya dipegang oleh pihak DAOP I Jakarta ini akan terdiri dari dua kelas, yakni kelas Eksekutif dan Ekonomi AC, dengan tarif sebagai berikut:

Kelas Eksekutif: Rp. 35.000,-
Kelas Ekonomi AC: Rp. 20.000,-

Terintegrasi dengan KA Pangrango Sukabumi-Bogor

Nantinya, perjalanan Kereta Api Siliwangi dari Cianjur ke Sukabumi dan sebaliknya akan terintegrasi dengan perjalanan Kereta Api Pangrango dari Sukabumi ke Bogor dan sebaliknya. Namun sistem integrasi antara kedua kereta tersebut hanyalah dalam hal jadwal kedua kereta api, yang kedatangan dan keberangkatannya di Stasiun Sukabumi berdekatan, sehingga penumpang yang akan berganti kereta tidak perlu menunggu terlalu lama di Sukabumi.

Perihal jadwal terbaru dari KA Siliwangi dan KA Pangrango, dapat dilihat dalam postingan "Jadwal Kereta Api Siliwangi dan Pangrango per 09 Februari 2014".

5 comments:

  1. jadwal nya klo bisa di kasih KOLOM. jangan kek gitu, bikin bingung ngeliatnya.

    TKS.

    ReplyDelete
    Replies
    1. terima kasih untuk saran dan kritiknya, jadwal telah disusun kembali dalam bentuk tabel... :)

      Delete
  2. Tiket Siliwangi sudah tersedia tuh di web ... monggo update-nya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. terima kasih untuk infonya, jadwal terbaru dari KA Siliwangi sdh saya cantumkan dalam post baru, linknya tersedia juga dalam post diatas... :)

      Delete
  3. info terbaru dari akun resmi twitter KAI121:

    KA Siliwangi beroperasi normal tgl 09 Februari 2014, tetapi akan diluncurkan tgl 08 Februari 2014, dgn jadwal khusus sbb.:

    Berangkat Sukabumi pukul 11:15
    Berangkat Cianjur pukul 15:15

    sekian pemberitahuan, terima kasih... :)

    ReplyDelete

Your local time is: